Kamis, 25 Jul 2024
  • " Being Smart Generation " Madrasah Mandiri Berprestasi, Madrasah Hebat Bermartabat

Optimalkan Peran Para Sekretaris, OSIM MAN 2 Probolinggo Adakan Diklat Administrasi

Reporter: Panca Aisyah

PROBOLINGGO, MDP News – OSIM MAN 2 Probolinggo mengadakan Diklat Administrasi pada Kamis (23/11). Diklat ini dihadiri oleh sekretaris dari berbagai organisasi, mulai dari OSIM, Pramuka, PMR, Pena Pustaka, dan MPK. Diklat ini digelar di Gedung Workshop lantai 3-lab madrasah dengan tema “Manajemen Administrasi Organisasi MAN 2 Probolinggo.”

Luqmanul Hakim, pemateri dalam Diklat administrasi, mengenalkan pengetahuan dasar yang penting untuk diketahui oleh sekretaris dalam menjalankan tanggung jawab organisasi. “Tugas seorang sekretaris itu mencatat, menyusun, mengolah dan mengirim,” ujarnya. Ia juga mengajarkan berbagai konsep tentang persuratan resmi internal hingga eksternal, menurutnya administrasi adalah sebuah jembatan organisasi untuk maju.

Sekretaris memiliki tugas menjaga rahasia organisasi, membuat arsip atau menyusun sebuah dokumen secara tertata dan mudah untuk ditemukan. Luqmanul Hakim juga menunjukkan beberapa contoh dokumen yang ia simpan melalui file dari tahun ke tahun, beberapa file penting juga ia simpan di Google Drive dengan rapi.

“Administrasi yang dijalankan oleh organisasi di MAN 2 Probolinggo sesuai dengan peraturan administrasi naskah dinas yang diatur oleh Kementerian Agama RI, sehingga surat, proposal dll yang dibuat tidak ada kesalahan format, baik font, ukuran, maupun lainnya, juga pengarsipan data-data organisasi lebih rapi dan terekam,” jelas Luqmanul Hakim.

Diklat pertama ini sukses digelar, membuat para sekretaris dari berbagai organisasi ingin terus mengumpulkan bekal untuk terus berkembang. “Sangat bermanfaat, karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang pembuatan proposal atau surat-menyurat, semoga Diklat administrasi terus berjalan dan memberikan ilmu untuk terus belajar,” ujar Moch. Nur Hidayat, salah satu kerani Pramuka.

Untuk kedepannya, para penanggung jawab Administrasi organisasi diharapkan bisa menjaga tatanan dan mengembangkan ilmu atau menyalurkan kepada penerus selanjutnya, dan terus ikut berkembang mengikuti alur yang diminati. Dengan demikian, organisasi di MAN 2 Probolinggo dapat terus maju dan berkembang.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR