Kamis, 16 Mei 2024
  • " Being Smart Generation " Madrasah Mandiri Berprestasi, Madrasah Hebat Bermartabat

Peringatan Hari Pendidikan Nasional di MAN 2 Probolinggo Menggema Melalui Apel Upacara yang Khidmat dan Meriah

#MAN2Probolinggo #HadirSebagaiInspirasi

Probolinggo, 2 Mei 2024 – Hari Pendidikan Nasional dirayakan dengan semarak di MAN 2 Probolinggo, sebuah institusi pendidikan yang terkenal dengan prestasinya dalam mencetak generasi muda yang berkualitas. Pagi ini, halaman sekolah dipenuhi oleh para siswa dan guru yang siap untuk mengikuti rangkaian acara peringatan tersebut.

Suasana khidmat terasa begitu kental saat Waka Kurikulum, Ibu Dian Aprilia Fridawati, S.Pd, memimpin jalannya apel upacara. Dengan penuh semangat, beliau menyampaikan pidato yang mengangkat tema “Pendidikan sebagai Pilar Pembangunan Bangsa”. Pidato tersebut tidak hanya menjadi pencerahan bagi para siswa tentang pentingnya pendidikan, tetapi juga mengingatkan seluruh komponen pendidikan di MAN 2 Probolinggo untuk terus meningkatkan mutu dan relevansi pembelajaran.

Dalam sambutannya, Ibu Dian juga menekankan pentingnya tanggal 2 Mei sebagai hari peringatan Hari Pendidikan Nasional, yang dipilih untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan ternama di Indonesia yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Ki Hajar Dewantara diakui sebagai pelopor pendidikan yang berlandaskan pada filosofi “Tut Wuri Handayani”, yang artinya memberi contoh yang baik.

“Tak hanya itu tanpa kita sadari bahwasanya kita sekarang sedang dijajah dengan adanya IPTEK yang memberi dampak salah satunya terhadap para generasi muda penerus Bangsa, bahkan kita juga menjadi babu di negara kita sendiri yang mana banyak perusahaan yang dibuat bukan milik kita” ucap beliau dalam acara apel pagi ini.

Selain itu, peringatan ini juga menjadi momentum untuk merefleksikan dampak kemajuan teknologi, terutama dalam konteks permainan video (game), yang sering mengalihkan perhatian generasi muda dari pendidikan. Ibu Dian menegaskan pentingnya menjaga keseimbangan antara penggunaan teknologi dengan nilai-nilai pendidikan yang kuat.

Pembacaan doa Hari Pendidikan Nasional oleh seorang siswa menjadi pengingat akan semangat dan tekad perjuangan para pendidik dahulu yang telah menorehkan jejak berharga dalam sejarah pendidikan Tanah Air.

Tidak hanya itu, kegiatan apel upacara ini juga diwarnai oleh berbagai antusias dari para siswa. Baris berbaris yang diselenggarakan oleh siswa turut memeriahkan suasana dengan disiplin dan kekompakan yang membanggakan.

Semua kegiatan ini diharapkan dapat memupuk semangat dan minat belajar siswa serta memperkokoh kerjasama antara sekolah, siswa, guru, dan masyarakat dalam mencapai visi pendidikan yang lebih baik. MAN 2 Probolinggo dengan bangga merayakan Hari Pendidikan Nasional sebagai bagian dari komitmennya untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan Indonesia.

——

Reporter : Laila Maqfirotika (Mahasiswa PPL UIN Jember)
Penyunting : Laelatul Luqiyana Adawiyah (XI-D)

#KementrianSemuaAgama #Madrasah #Maju #Bermutu #Mendunia #HariPendidikanNasional

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR