Kamis, 11 Apr 2024
  • " Being Smart Generation " Madrasah Mandiri Berprestasi, Madrasah Hebat Bermartabat

Bangun Kesadaran Gizi Remaja, MAN 2 Probolinggo Gandeng Puskesmas Pajarakan

PROBOLINGGO, MDP News – Puskesmas Pajarakan, dalam kolaborasi dengan MAN 2 Probolinggo, telah mengadakan kegiatan aksi bergizi bagi remaja putri. Kegiatan ini berlangsung di gedung workshop lantai 2 dan dihadiri oleh seluruh siswi MAN 2 Probolinggo.

Rangkaian kegiatan ini mencakup sarapan bersama, pemberian Tablet Tambah Darah (TTD), pemeriksaan HB, dan skrining kesehatan. Selain itu, materi seputar anemia, hemoglobin, dan obat penambah darah juga dipaparkan.

Aisyah, salah satu siswi kelas X-B, menjelaskan proses kegiatan tersebut. “Kegiatannya dimulai dari pendaftaran. Pengecekan dilakukan terlebih dahulu untuk kelas 10, maju dua-dua. Setelah pengambilan data baru penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, baru cek Hb. Alhamdulillah hasilnya aku normal. Di akhir kegiatan juga ada materi seputar anemia sama menstruasi,” paparnya.

Dr. Misbahul Munir dari Puskesmas Pajarakan memaparkan materi seputar anemia dengan jelas. “Anemia terbagi menjadi beberapa macam, salah satunya yang paling banyak di Indonesia yaitu anemia defisiensi zat besi,” terangnya.

Dr. Munir juga menjelaskan cara mengatasi anemia, baik melalui obat maupun makanan dan minuman yang kaya akan zat besi. “Kalau untuk obat sendiri seperti Vitamin C, tablet tambah darah. Dan untuk makanan sumber zat besi seperti telur, ikan, daging, ayam, sayur-sayuran yang hijau,” jelasnya.

Bagi mereka yang memiliki HB rendah, Dr. Munir menyarankan untuk mengurangi konsumsi teh atau kopi karena memiliki komponen Tanin yang berfungsi untuk mengikat zat hemoglobin agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah.

Mumun, perawat di Puskesmas Pajarakan, menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan agar remaja putri bisa lebih aktif lagi untuk memeriksakan kondisi HB mereka.

___________________________

Reporter : Laelatul Luqiyana A. (XI-D)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR