Jelang Ujian Nasional, MAN 2 Probolinggo laksanakan Simulasi 2 UNBK

Share yuk!

          Jelang Ujian Nasional, MAN 2 Probolinggo menggelar Simulasi UNBK. Simulasi ini diikuti oleh 157 siswa kelas XII. Tujuan dilaksanakan Simulasi UNBK adalah agar siswa merasa familiar dengan tata cara dan situasi selama Ujian Nasional nantinya, mengingat ini adalah pengalaman pertama siswa mengikuti ujian berbasis komputer. Simulasi UNBK ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar selama pelaksanaan UN nanti tidak ada hambatan dan masalah bagi siswa. Melalui simulasi ini, madrasah bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan UN nanti seperti server mati dan sebagainya, sehingga siswa tidak panik pada saat berhadapan dengan kondisi demikian.

          Simulai UNBK dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 7-8 Februari 2018 selama 3 sesi. Pada hari pertama siswa akan dihadapkan dengan mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Sedangkan hari kedua siswa akan dihadapkan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan sesuai dengan jurusan masing-masing. Artinya siswa memilih salah satu mapel dari jurusannya, misalnya jurusan IPA bisa memilih Fisika, Kimia atau Biologi, jurusan IPS bisa memilih Geografi, Sosiologi dan Ekonomi, jurusan AGAMA bisa memilih Fikih, Ilmu Kalam atau Hadist. Pada simulasi UNBK, satu ruang yang berisi 40 siswa, mereka akan dijaga oleh 2 orang pengawas, satu orang teknisi dan Proktor.

          Simulasi UNBK ini merupakan simulasi yang kedua dan seperti simulasi yang sebelumnya, simulasi kali ini juga diharapkan tidak ada kendala yang dihadapi. Kendala yang dihadapi siswa pada simulasi sebelumnya adalah tiba-tiba server keluar sendiri namun hal itu bisa segera dihadapi dengan bantuan proktor dan teknisi yang memang merupakan bapak/ibu guru yang menguasai bidang IT. MAN Pajarakan memiliki 1 Proktor dan 3 orang teknisi yang akan mengawal simulasi sampai dengan UNBK nanti. (ning)

Komentari Tulisan