Kunjungan LKPBT, Pintu Gerbang MAN 2 Probolinggo Untuk GO INTERNASIONAL

Share yuk!

 

          Madrasah yang baik adalah yang mampu mengembangkan potensi anak didiknya secara maksimal. MAN 2 Probolinggo merupakan madrasah yang memperhatikan potensi anak didiknya baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam bidang akademik, MAN 2 Probolinggo memiliki program unggulan kelas olimpiade, sedangkan dalam bidang non akademik madrasah ini memiliki program pengembangan diri siswa yang mengasah potensi mereka dalam seni dan olahraga. Selain itu, MAN 2 Probolinggo juga memiliki program keagamaan dan kebahasaan. Pengembangan kebahasaan yang diunggulkan adalah Bahasa Mandarin yang dikemas dalam sebuah Club Bahasa Mandarin yang diberi tajuk HLC (Happy Learn Chinese) dibawah bimbingan Laotsi Idris Chang.

          Program Bahasa Mandarin yang dikembangkan oleh MAN 2 Probolinggo ini sangat serius, oleh karenanya madrasah bekerja sama dengan LPBA Nurul Jadid untuk mengirimkan tenaga pengajar. Meskipun program ini belum berjalan dua tahun, tetapi siswa terlihat antusias belajar Bahasa Mandarin, bahkan mereka sangat bersemangat mengikuti beberapa kompetisi bahasa Mandarin yang ditawarkan oleh pembimbingnya. Beberapa kompetisi seperti lomba menyanyi Bahasa Mandarin, Pidato, bercerita, dan mengenal budaya China sudah siswa MAN 2 Probolinggo ikuti. Meskipun belum mendapatkan hasil yang diharapkan namun kompetisi-kompetisi tersebut mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa dan memberikan motivasi untuk terus belajar Bahasa Mandarin.

          Bukti keseriusan MAN 2 Probolinggo yang lainnya dalam mengembangkan program Bahasa Mandarin adalah cita-cita untuk bisa mengirim siswanya ke Cina, dan bagaikan gayung bersambut pada tanggal 12 November 2017 yang lalu madrasah mendapatkan kunjungan dari Lembaga Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa (LKPBT) Jawa Timur. LKPBT merupakan lembaga pengelola pendidikan Bahasa Mandarin yang ada di Jawa Timur. Maksud Kunjungan LKPBT ke MAN 2 Probolinggo adalah untuk bertemu dengan siswa dan orang tuanya yang akan mendapatkan beasiswa pendidikan ke Tionghoa. LKPBT akan membantu siswa yang mahir berbahasa Mandarin untuk mendapatkan beasiswa ke Tionghoa. Dan sungguh suatu hal yang membanggakan bahwa dari 476 siswa 6 diantaranya terpilih untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Sungguh pencapaian yang luar biasa dari sebuah program yang belum lama dikembangkan oleh MAN 2 Probolinggo. Harapan ke depan program ini semakin banyak menghasilkan lulusan yang bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri bukan hanya ke Tionghoa. (menk)

Komentari Tulisan